Searching...
Sunday 27 January 2013
1/27/2013 04:19:00 pm

Sakit Tenggorokan karena Menangis?


Mengapa tenggorokan terasa sakit ketika menangis?
Jadi karena seseorang bertanya, I looked it up and came across this one. Ini penjelasan biologisnya. At least this was what i read anyway. (Please don't blame me if you disagree *hands up)

Sebuah efek samping yang umum terjadi saat seseorang menangis adalah perasaan sakit seperti tonjolan di tenggorokan atau dikenal sebagai sensasi globus, pernah ngerasain kan?. Banyak hal yang dapat menyebabkan sensasi globus, namun yang terjadi saat menangis adalah merupakan respon terhadap stres yang dialami oleh sistem saraf simpatik. Ketika hewan terancam oleh bahaya yang mengancam dirinya, sistem saraf simpatik memicu beberapa proses untuk memungkinkan hewan untuk melawan atau melarikan diri (let just say we are one of those animals -__-). Termasuk dalam hal ini adalah mematikan fungsi tubuh yang tidak perlu, seperti pencernaan, dan meningkatkan aliran darah dan oksigen ke otot-otot yang diperlukan.
Nah ketika seseorang mengalami kesedihan, sistem saraf simpatik masih merespon dengan cara ini. Fungsi lain yang ditingkatkan oleh sistem saraf simpatik antara lain bernapas, dimana tenggorokan membuka untuk meningkatkan aliran udara. Hal ini dilakukan dengan memperluas glotis, yang memungkinkan lebih banyak udara untuk masuk. Saat seseorang mengalami respon sistem saraf simpatik ini, maka sistem saraf parasimpatik mencoba untuk membatalkan respon dengan cara mengurangi aktivitas yang menyebabkan stres dan meningkatkan proses yang berhubungan dengan penyembuhan seperti kembali berjalannya sistem pencernaan. Hal ini melibatkan aktivitas menelan, sebuah proses yang membutuhkan menutupnya glotis, yang saat itu sedang meluas sepenuhnya, untuk mencegah makanan memasuki laring. Glotis, bagaimanapun, mencoba untuk tetap terbuka ketika seseorang menangis. Perjuangan untuk menutup glotis inilah yang menciptakan sensasi yang terasa seperti tonjolan yang kadang terasa sakit di tenggorokan seseorang ketika menangis.

That's it. Hope you find it useful.

source: Crying -Wikipedia.

1 comments:

Leave your thoughts here. That's it, if you have any. *smirk

 
Back to top!